Selasa, 27 November 2012

Cara Membuat Web Submission Dengan Reciprocal Link

Sobat blogger pada umumnya sudah mengetahui seperti apa web submission itu, atau lebih dikenal sebagai web/blog directory dimana web/blog dipromosikan agar mudah ditemukan oleh para netter. Selain hal itu web/blog juga mudah di index oleh search engine (mesin telusur), seperti google.com, yahoo.com, bing.com, dan beberapa search engine lainnya.

Disini admin Belajar Komputer tidak akan membahas bagaimana cara mendaftarkan web/blog kita pada blog directory, melainkan bagaimana cara membuat web submission (web/blog directory) dengan reciprocal link yang nantinya juga sobat dapat gunakan sebagai link exchange dengan thumbnail. Ada beberapa kelebihan pada sistem ini yang sobat bisa lihat nantinya, seperti adanya admin panel yang nantinya berfungsi mengatur link sobat dan melihat mana saja web/blog yang tidak memiliki reciprocal link (link timbal balik), menghapus web/blog tanpa harus mengedit template atau postingan, cukup melalui admin panel, dan kelebihan lain dapat membanned web/blog yang nakal. hehehe.

Ok sobat, karena berhubung permintaan sobat blogger untuk saya memposting cara membuatnya, kita langsung saja.


  1. Silahkan sobat download terlebih dahulu script php dari si empunya 
  2. Setelah selesai silahkan sobat extract file zip pada sebuah folder. Hasil extract tadi terdiri atas 2 buah folder dan beberapa file dengan ekstensi php. sebagai pelengkap berikut screenshootnya.



  3. Upload keseluruhan file tersebut pada web hosting, jika belum punya silahkan sobat sewa atau sobat bisa gunakan yang gratisan seperti 000webhost.com atau di www.idhostinger.com. cara menguploadnya sebagai berikut :

    • Sebagai contoh saya menggunakan webhosting IdHostinger yang nantinya tempat meng-upload file yang saya extract tadi. gunakan filemanager 3 untuk meng-upload.

    • Upload keseluruhan file pada directory root/public_html, berikut screenshoot dari file yang saya upload pada IdHostinger :

    • Jangan lupa delete file update.php
  4. Selanjutnya beri tanda centang pada links.php dan form.html kemudian klik open
  5. Kemudian copy alamat url dari links.php dan form.html. Untuk menampilkan pada halaman postingan sobat harus menuliskan kodenya dengan susunan sebagai berikut :

    <iframe frameborder="0" height="400" src="http://amrulheka.p.ht/form.html" width="100%"></iframe>

    <iframe frameborder="0" height="1100" src="http://amrul.p.ht/links.php" width="100%"></iframe>
  6. Silahkan sobat ganti dengan alamat url yang berwarna merah dengan alamat url milik sobat.
Sampai disini free web submission sobat telah jadi, untuk modifikasi silahkan sobat utak-atik sendiri file php di web hosting sobat dan sebagai contoh, sobat bisa lihat pada free web submission milik Belajar Komputer. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Tidak ada komentar: